SPAM dan HOAX... sigh

Written by Andy Zheng on Friday, April 9, 2010 at 9:40 PM

Hello, greetings from RIM (Research In Motion) proprietors of BlackBerry.

This message is to inform all of our users, that our servers have recently been really full, so we are asking for your help to fix this problem. We need our active users to re-send this message to everyone on your contact list inorder to confirm our active users that use BlackBerry Messenger, if you do not send this message to all your BlackBerry Messenger contacts then your account will remain inactive with the consequence of losing all your contacts.

We apologize for the inconvenience but this is the only way possible to resolve this problem. Sincerely Research in Motion. For more information visit: www.blackberry.com/inactiveuser.”

Ok, setelah sekian kali berita-berita Hoax semacam ini tersebar, ternyata manusia-manusia di bumi masih belum menjadi lebih pintar, mungkin karena hal tersebut yang kemudian menjadikan perbedaan kasta di India atau diskriminasi intelektual di masyarakat kita saat ini ? Who Knows?

Sebenarnya apa sih definisi HOAX? dan apa sih ciri-cirinya ?

Menurut Wikipedia

“A hoax is a deliberate attempt to deceive or trick people into believing or accepting something which the hoaxer (the person or group creating the hoax) knows is false. “

Dan ciri-ciri Hoax di dunia maya umumnya adalah sebagai berikut

1.Email berisi iming-iming hadiah
Email jenis ini biasanya berisi keterangan agar segera mengirimkan email ke sebuah alamat dengan tujuan untuk. Mendapatkan hadiah atau promosi produk. Menyelamatkan seseorang yang sedang dioperasi – konon setiap email yang masuk ke alamat tersebut akan menambah donasi sekian dolar atau sekian rupiah untuk pasien.

Cara paling mujarab untuk mengetahui kebenaran undangan ini adalah mendatangi situs resmi produk yang dimaksud dan mencari berita tersebut. Jangan mengirim pertanyaan kepada orang/pihak yang beralamat email yang dimaksud di dalam pesan ajakan tersebut.

2.Email berisi pemberitahuan adanya virus baru

Termasuk dalam kategori ini adalah pemberitahuan worm, resiko keamanan di pager seperti yahoo! Messenger, atau juga berita akan dipasangnya fasilitas baru di sebuah situs. Pemeriksaan kebenaran berita di dalam email tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Periksa nama atau alamat email penerima pesan tersebut. Umumnya, semakin banyak jumlah penerima, semakin besar kemungkinan email tersebut tidak benar
  • Cari bagian email yang berisi ajakan untuk mengirimkan pesan tersebut ke orang lain sebanyak mungkin. Biasanya diimbuhi penjelasan bahwa hal itu adalah aksi penting. Jika ditemukan bagian seperti ini, sudah hamper pasti ini email HOAX. Yang jelas: JANGAN MENURUTI ANJURAN SIAPAPUN UNTUK BEGITU SAJA MENGIRIMKAN EMAIL KE BANYAK ORANG.
  • Jangan terburu-buru memberitahu orang lain atau “mailing list” apabila anda ogah mempelajari lebih jauh isi email tersebut. Periksa kata kunci yang disebut di dalam email tersebut dan tanyakan ke “Embah Google”. Coba cari di www.google.com.
  • Gunakan hasil pencarian di atas untuk mendapat informasi yang valid dari situs informasi tentang virus atau produk antivirus, misal www.symantec.com

3.Email berisi informasi kesehatan dan lingkungan
contoh:
· Air Hangat dan Kanker
· Bahaya Lensa Kontak
· Leptospirosis pada Kaleng Minuman
· Kandungan Thimerosal pada vaksin Hepatitis B dapat mengakibatkan autis
· Serba Serbi Kanker
· Yang Berbahaya di Sekitar Kita (yang ini ada sebagian kecil beritanya benar, dan sebagian besar HOAX)
· Bahaya Coca-Cola dan Pepsi (kalo yang ini, karena saya penasaran, saya coba sendiri di kost, saya beli coca cola dan permen dan ternyata setelah saya campurkan di gelas, tidak ada reaksi
mentos, apa-apa tuh.., sampe sekarang permen mentosnya masih banyak dan coca-cola udah habis saya minum. Hehe..)
· Air Tawar Segar di Kedalaman Samudera
· Cerita Palsu Mandi Bola
· Daging Tikus Serupa Daging Ayam
· Planet Mars Bulan Purnama
· Kangkung dan Lintah (cerita ini membuat sebagian teman-teman saya jadi tidak mau makan kangkung! Hehe..)
· Merk Lipstik yang Berbahaya (kalau berita ini, saya pasti gak
akan kena imbasnya, karena walaupun berbahaya atau tidak, saya alergi ama yg namanya lipstick :)) )
· Mouse Optical Dapat Menyebabkan Kanker
· Mohon Doanya: Gempa dan Tsunami 7 Juni (sebenernya khan ini email tahun 2006 dalam rangka menyambut gempa Jogja tahun 2006, tapi kok ya tahun 2007 beredar lagi)
· Matahari Bersinar 36 Jam :
“Pada tanggal 17 Oktober 2008, matahari akan terus menyinari kita selama 36 jam (1.5 hari). Dan selama itu Amerika dan tetangga2nya akan gelap 1.5 hari.Ini akan mengkonversi 3 hari menjadi 2 hari besar.Ini terjadi setiap 2400 tahun sekali.Kita beruntung dapat menyaksikan dan merasakannya, beri tahu teman2 yah..”

4.Email berisi informasi yang bernuansa keagamaan

Berita yang dikutip biasanya dibumbui ajaran yang terkesan sahih, namun hampir semua dilebih-lebihkan, tidak berdasar (terkadang malah bertentangan dengan ajaran utama agama tersebut) dan kemungkinan menakut-nakuti pembacanya. Pesan dibumbuhi dengan pahala bagi yang meneruskan pesan tersebut dan ancaman bagi yang membiarkan tidak menyampaikan kepada orang lain. Email jenis ini sering beredar pada momen-momen keagamaan, misalnya: permulaan Ramadhan dan menjelang Natal.

· April Mop Sejarah Muslim
· Pesan Jibril Menjelang Ramadhan
· Suara dari Alam Kubur
· Tragedi WTC dan Surat At Taubah
· Wingdings dan Tragedi WTC
· Novena 1 menit

BAHAYA HOAX
Mengapa Hoax Bahaya?

1. Menyebabkan kepanikan yang tidak perlu

2. Merugikan pedagang kecil yang tidak punya akses untuk menyanggah informasi yang salah

3. Manghabiskan bandwidth internet di Indonesia hanya untuk forward sana forward sini (padahal dari sananya internet Indonesia itu payah)

4. Membentuk perilaku dan mitos yang malah tidak sehat

5. Menghilangkan sikap kritis.

6. Membudayakan ketundukan kepada mafia media

7. Memperlihatkan karakter bangsa yang mudah dipukau atau bahasanya

WASPADA HOAX !
Hal-hal yang mencurigakan dan perlu diwaspadai :
1.Subyek ditulis dengan huruf capital semua. Huruf capital berarti tanda teriak. Pengirim informasi yang benar, tidak perlu berteriak-teriak meminta perhatian

2.Ada ajakan untuk mengirimkan pesan tersebut ke banyak orang. Coba kita amati bagian: “Kirimkan pesan ini kepada semua teman anda. Saya rasa bahwa sebagian besar orang, seperti saya sendiri lebih suka mendapat peringatan ini 25 kali daripada tidak sama sekali.”

3.Jangan mau bersikap seperti itu..Informasi yang benar, tidak perlu dikirimkan berkali-kali lewat email. Demikian pula, informasi resmi tentang virus selalu menyebutkan URL situs Web yang dapat digunakan sebagai rujukan, bukan meminta mengirimkan email ke setiap orang.

4.Beberapa kalimat dibuat tendensius atau hiperbolis (dibesar-besarkan) , seperti “VIRUS PALING JAHAT, Microsoft, McAfee.

Jika ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai hoax, bisa kunjungi ke situs

http://hoaxbusters.ciac.org/

(di sana banyak dijelaskan mengenai sejarah dan tujuan HOAX, pengertian HOAX dll dsb).

Lalu apa kaitan dengan SPAM? SPAM sendiri disinyalir adalah acronym, hanya saja saya tidak berhasil menemukan kepanjangan dari SPAM yang sebenarnya

Kepanjangan SPAM yang saya ketahui dari pergaulan saya di lingkungan IT adalah “Stupid Person Abussing Message” menurut http://www.acronymattic.com/SPAM.html kepanjangan dari SPAM adalah Stupid Pointless Annoying Message” tapi overall it’s smell same, it’s same zip after al.

Menurut Wikipedia

Spam is the abuse of electronic messaging systems (including most broadcast media, digital delivery systems) to send unsolicited bulk messages indiscriminately. While the most widely recognized form of spam is e-mail spam, the term is applied to similar abuses in other media: instant messaging spam, Usenet newsgroup spam, Web search engine spam, spam in blogs, wiki spam, online classified ads spam, mobile phone messaging spam, Internet forum spam, junk fax transmissions, social networking spam, television advertising and file sharing network spam.

Asal mula SPAM digunakan oleh para marketer untuk mempromosikan produk-produk mereka, yah memang sedikit meresahkan, tapi cara tersebut cukup mendapatkan reaksi yang baik. Tapi SPAM yang beredar akhir-akhir ini lebih banyak merupakan HOAX, yang sebenarnya sangat mudah untuk dilihat ciri-cirinya dan dikonfirmasi kebenaranya?

Tapi pertanyaannya kemudian? Bila sedemekian mudah untuk mendeteksi HOAX, lalu kenapa masih banyak HOAX yang beredar? Pertanyaan ini sayangnya belum bisa saya jawab, mungkin fenomena ini lah yang kemudian menjadikan dunia ini penuh dengan warna-warni?

Akhir-kata berkaitan dengan isu-isu mengenai blackberry, … maybe majority of us is still Stupid enough? Simpleton is never growth… sigh… maybe Smart phone(baca: smart technology) is for smart people only :D KISS(Keep It Simple Stupid)

10 Responses to "SPAM dan HOAX... sigh"

Comment by Widy
April 9, 2010 at 9:49 PM #  

SPAM is soo yesterday dan HOAX bisa timbul kapan saja. Tentu saja kombinasi maut ini adalah sesuatu yang dibenci orang-orang sekarang.

Turut berduka bagi yang pake BB :D

Btw, nice post, Bro! ;)

Comment by adityo
April 9, 2010 at 9:52 PM #  

selain dari sisi negatifnya mungkin HOAX bisa dijadikan alat promosi di social media..
Bisa juga dijadikan sebagai alat promotion campaign untuk melaunching suatu produk.. by the way, nice article. gak banyak orang yang tau definisi HOAX

Comment by Andy Zheng
April 9, 2010 at 9:55 PM #  

well klo itu SPAM kali dit?, bukan hoax, klo hoax itu berita palsu, klo SPAM itu yg nyebar2 in :D

Comment by ferdhie
April 9, 2010 at 10:41 PM #  

ada juga bagusnya hoax, benchmark performance aplikasi BBM dan servernya.

Ternyata, ngga se-powerful yg dibayangkan kan ;))

Comment by Widy
April 11, 2010 at 10:59 AM #  

Hoax tidak akan pernah bagus.Karena intinya adalah 'pembohongan publik'.Itu berimpact sangat negatif terhadap sebuah brand (mau personal, corporate, organization, u name it)

Spam mmg diselamatkan oleh kata2 'promosi'.But look at our current state.Gw jamin, ke dpnnya nasib Spam akan sama dengan Hoax.

Marketer perlu cara lain untuk menarik perhatian selain dengan spam. Try to look for 'Permission Marketing' by Seth Godin. Itu yang akan bekerja ke depan.

Comment by mew da vinci
July 18, 2010 at 6:52 AM #  

informative, kayak biasa :D
keep writing yah! jangan pingsan kayak blog saya hahaha..

Anonymous
March 29, 2011 at 11:35 AM #  

I think you will want to place a twitter icon to your site. Just bookmarked this article, but I must do this manually. Simply my 2 cents.

Anonymous
May 4, 2011 at 1:03 AM #  

Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love studying more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you thoughts updating your weblog with extra info? It is extremely useful for me.

Anonymous
May 6, 2011 at 8:12 PM #  

Really like your websites details! Undoubtedly a wonderful supply of information that is extraordinarily helpful. Carry on to hold publishing and that i’m gonna proceed studying by way of! Cheers.

Anonymous
September 20, 2011 at 3:21 AM #  

Aku hanya menambahkan feed Anda ke favorit saya. Saya sangat menikmati membaca posting Anda.

About the Blog!

A drama of sorrow and joy that includes separation and reunion. A matter of clarity that is black and white. A place of dreams and illusions that colour life and death. A spirit of nobility that marks the 'Ways of Heroes'.